Kumpulan Kata Mutiara Bijak ir.Soekarno (Bung Karno)

Bulan agustus merupakan bulan yang paling bersejarah bagi bangsa Indonesia, dimana di bulan agustus ini bangsa Indonesia merebut kemerdekaan nya dari para penjajah.tepatnya tanggal 17 agustus 1945,bapak proklamator ir.Soekarno-Hatta memproklamirkannya.Selain sebagai proklamator ir.Soekarno adalah sosok yang di kagumi,di segani sekaligus di cintai oleh masyarakat Indonesia juga sangat di segani di luar negeri.

 Ketika dilahirkan, Soekarno diberikan nama Koesno Sosrodihardjo oleh orangtuanya.Namun karena ia sering sakit maka ketika berumur lima tahun namanya diubah menjadi Soekarno oleh ayahnya. Nama tersebut diambil dari seorang panglima perang dalam kisah Bharata Yudha yaitu Karna.Nama "Karna" menjadi "Karno" karena dalam bahasa jawa huruf "a" berubah menjadi "o" sedangkan awalan "su" memiliki arti "baik.

Soekarno memang terkenal dengan kata-kata Bijak yang penuh dengan rasa Nasionalisme tinggi dan sangat memotivasi rakyat Indonesia.
berikut beberapa contoh Kata Mutiara Bijak ir. Soekarno(Bung Karno) :

Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun. "Bung Karno"

  “Barangsiapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam” (Ir. Soekarno)

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.” (Pidato Hari Pahlawan 10 Nop.1961)

Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia” . (Bung Karno)

“Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.” (Pidato HUT Proklamasi 1963 Bung Karno)

“Apakah Kelemahan kita: Kelemahan kita ialah, kita kurang percaya diri kita sebagai bangsa, sehingga kita menjadi bangsa penjiplak luar negeri, kurang mempercayai satu sama lain, padahal kita ini asalnya adalah Rakyat Gotong Royong” (Pidato HUT Proklamasi, 1966 Bung Karno)

Janganlah mengira kita semua sudah cukup berjasa dengan segi tiga warna. Selama masih ada ratap tangis di gubuk-gubuk pekerjaan kita selesai ! Berjuanglah terus dengan mengucurkan sebanyak-banyak keringat. (Pidato HUT Proklamasi, 1950 Bung Karno)

“Tuhan tidak merobah nasib suatu bangsa sebelum bangsa itu merobah nasibnya” (Pidato HUT Proklamasi, 1964 Bung Karno)...

  Gantungkan cita-cita mu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit… Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang. ~ Soekarno ~.

“Laki-laki dan perempuan adalah seperti dua sayap dari seekor burung… Jika dua sayap sama kuatnya, maka terbanglah burung itu sampai ke puncak yang setinggi-tingginya; Jika patah satu dari pada dua sayap itu, maka tak dapatlah terbang burung itu sama sekali” ~Soekarno

Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” ~ Soekarno

“Merdeka hanyalah sebuah jembatan, Walaupun jembatan emas.., di seberang jembatan itu jalan pecah dua: satu ke dunia sama rata sama rasa.., satu ke dunia sama ratap sama tangis!” ~ Soekarno ~...

Dengan kata-kata bijak ir Soekarno diatas semoga kita dapat mengambil hikmahnya.sekian dan terimakasih.