Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

Berpuasa adalah kewajiban bagi setiap muslim di seluruh dunia,sebagai wujud kepatuhan perintah agama. namun saat berpuasa masalah yang sering muncul adalah bau mulut itu bisa menyebabkan kurangnya rasa percaya diri untuk ngobrol sama orang lain.

Masalah bau mulut (nafas bau) yang sering muncul saat berpuasa adalah hal yang sangat wajar, itu mungkin disebabkan oleh keringnya mulut kita akibat tidak makan dan minum seharian,kelenjar ludah tidak memproduksi air liur dalam jumlah yang cukup seperti hari biasa sehingga nafas terasa segar.


Untuk itu disini kami akan coba kasih Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa dan akan terasa segar seperti hari biasa tanpa membatalkan ibadah puasa itu sendiri, Berikut Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa :

1. Sikat Gigi

Tetap Sikat Gigi seperti biasa,usahakan kita sikat gigi setelah makan sahur dan lakukan dengan baik jangan sampai ada sisa sisa makanan yang tertinggal pada gigi kita, kita bisa juga bersikat gigi di pagi hari tapi hati-hati jangan sampai ada air tertelan karena dapat membatalkan puasa.

2. Minum Air Putih

Pada Saat sahur dan berbuka perbanyaklah minum air putih, minum banyak air putih dapat mengurangi bau mulut dan bisa mengurangi dehidrasi saat berpuasa dan dapat menjaga tubuh tetap segar.

3. Minum Teh Hijau

Selain minum air putih, minum teh hijau tanpa gula ketika berbuka dan makan sahur juga akan membantu mengatasi aroma bau mulut tidak sedap.
Hal ini karena teh hijau mengandung zat polyphenol yang dapat membantu membunuh bakteri pada mulut dan saluran pernafasan.
Fungsi lain dari mengonsumsi teh hijau yaitu mengurangi peradangan pada rongga mulut dan mengatasi gangguan pernapasan yang disebabkan oleh asap rokok.

4. Berkumur

Sudah menjadi rahasia umum,berkumur sangat ampuh membersihkan mulut,saat berwudhu sebelum melaksanakan sholat berkumurlah dengan benar dan usahakan kita harus hati-hati supaya air yang ada dalam mulut kita tidak tertelan.berkumur juga dapat menghilangkan bakteri dan kotoran dalam mulut kita.

5.Siwak

Umat islam telah lama mengenal siwak,penggunaan siwak atau menggosok gigi dari pohon siwak menurut penelitian siwak sangat efektif membersihkan gigi dan mulut dan merupakan Sunnah Rosul terbukti dengan digunakannya siwak untuk bahan bahan yang berhubungan dengan kebersihan gigi dan mulut.

Semoga Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa di atas bisa bermanfaat untuk kita yang lagi berpuasa di bulan Ramadhan ini dan tentunya kita tidak akan takut lagi ngobrol sama orang sekitar kita.